Kementerian Luar Negeri

kemenlu

Visi

Optimalisasi Kementrian Luar Negeri BEM KM Unsri sebagai diplomator, mediator, konsolidator dan komunikator dalam menjalin relasi untuk mendukung tercapainya BEM KM Unsri sebagai Poros Gerakan Mahasiswa Nasional

Misi

1. Membentuk forum koordinasi dan komunikasi antar eksternal di Sumsel

2. Menjalin kerjasama strategis dengan instansi eksternal kampus

3. BEM KM Unsri sebagai konsolidator terhadap organisasi luar

4. Meningkatkan peran dan keikutsertaan BEM se-Sumatera Bagian Selatan di ranah Nasional

5. Menjadi stimulator internal dan wilayah untuk aktif dalam pergerakan mahasiswa nasional

 

Program Kerja

1. Restra Koordinasi dan Komunikasi MIA (Media, Alinasi, dan Instansi)

Program ini merupakan program dalam kementrian luar negeri untuk mengkoordini, mengkomunikasikan relasi dalam upaya mempromosikan dan mengenal BEM KM UNSRI kepada eksternal baik di dalam aliansi, ke media, dan kepada instansi untuk mencapai visi Kementrian Luar Negeri yaitu Diplomator, mediator, konsolidator dan komunikator dalam menjalin relasi untuk mendukung tercapainya BEM KM UNSRI sebagai Poros Gerakan Mahasiswa Nasional.

Kegitaan ini berupa Relasi kerjasana melalui forum komunikasi formal kepada unsur-unsur lembaga  Media, Aliansi BEM, Instansi Pemerintah, dan Instansi swasta yang  dilakukan dalam bentuk Konsolidasi, Diskusi, Audiensi serta hubungan lainnya untuk mendukung terwujudnya visi.

2. Public Discussion

Program public discussion adalah program guna menstimulasikan kembali ruh pergerakan mahasiswa lewat diskusi-diskusi public baik yang dilakukan dalam bentuk seminar atau dalam bentuk kunjungan kepada tokoh untuk mendiskusikan isu atau topic tertentu yang sedang hangat atau berdampak signifikan terhadap pengambilan kebijan pemerintah dan masyarakat. Bentuk kegiatannya bisa dalam bentuk temu tokoh atau mengadakan diskusi public dalam bentuk seminar guna mendiskusikan atau membedah satu isu atau topic tertentu.

3. Pengawalan Pemilu Serentak 2019

Program ini adalah program kementrian luar negeri yang diagendakan sebagai tugas bersama BEM dan mahasiswa pada umumnya dalam tahun politik untuk bersama mengawal pemilihan umum serentak 2019. Beberapa bentuk kegiatan missal diantaranya adalah:

1) Mempererat tali silahturahim mahasiswa Universitas Sriwijaya dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan dan Ogan Ilir

2) Pencerdasan wawasan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi pada Pemilu Serentak 2019

3) Badan Eksekutif Mahasiswa Keluaga Mahasiswa

Universitas Sriwijaya (BEM KM UNSRI) berperan aktif dalam pengawasan baik sebelum pemilihan, saat pemilihan dan setelah pemilihan guna untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi dan mendorong tercapaoinya pemilu yang damai dan demokratis.

4. Media Support

Menjalin Kerjasama kepada Media dalam memasifkan informasi terkini kegiatan BEM KM UNSRI, BEM-SS maupun menerbitkan tulisan-tulisan yang dibuat BEM KM UNSRI

5. Pelatihan Manajemen Lobby 

Program ini adalah program mengasah soft skill internal BEM KM UNSRI dan juga bagian hubungan eksternal BEM setiap fakultas. Kegiantannya dapat berupa diskusi atau bedah materi.

6. Sumplement SDM Internal

Pemberian literatur-literatur  dan upgrading internal